Membaca Realitas
728×90 Ads

Belum Memiliki Fasilitas Kesehatan Jiwa, RSUD CB Ternate Akan Bekerja Sama Dengan RSJ Sofifi

TERNATE, (Kalesang) – Belum memiliki fasilitas yang memadai, Rumah Sakit Umum Daerah Chasan Boesoirie Ternate, akan melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit Jiwa Sofifi untuk penanganan orang dengan kesehatan jiwa.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoirie, dr. Samsul Bahri yang ditemui kelesang.id di ruang kerja mengakui, sebelumya RSUD Chasan Boesoirie meydiakan layanan kesehatan jiwa namun saat ini hanya rawat jalan.

“Rumah Sakit Chasan Boesoirie pernah melakukan pelayanan kesehatan jiwa, namun hanya pelayanan rawat jalan.” Ungkap direktur RSUD CB kepada kalesang.id di ruang karenanya Sabtu 29/01/22

Pelayanan rawat jalan ini, lanjut Samsul karena fasilitas yang belum memadai, seperti ruagan khusus pelayanan sakit jiwa yang tidak tersedia, dan juga dokter ahli jiwa.

Untuk itu, dengan kerja sama ini nantinya dokter ahli jiwa dari RSJ Sofifi akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Chasan Boesoirie Ternate, untuk pelayanan kesehatan jiwa.

“Rencananya kerjasama ini untuk pelayanan tambahan, nanti kalau ada pasien darurat yang masuk, akan dirujuk ke Rsj Sofif dan didampingi oleh dokter ahli jiwa yang merupakan bagian dari Rumah Sakit Jiwa.” Tandas direktur yang juga dokter kandungan itu

Semntra itu, sepanjang tahun 2021 terdapat 156 orang pasien gangguan jiwa yang mengunjungi IGD Rumah Sakit Jiwa Sofifi. (tr-02)

Reporter : Sitti Muthmainnah
Editor : Ibrahim

728×90 Ads