Membaca Realitas
728×90 Ads

Balai Karantina Pertanian Musnahkan Puluhan Unggas

TERNATE (kalesang) Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, Provinsi Maluku Utara memusnahkan puluhan unggas.

Pemusnahan puluhan unggas tersebut dilakukan dengan cara dibakar menggunakan incenerator di instalasi karantina hewan, Kelurahan Sasa, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, Yusup Patiroy kepada kalesang.id mengatakan, pemusnahan puluhan unggas ini karena tidak memiliki ijin dokumen.

“Ada 22 ekor unggas dewasa dari Manado dan Bitung yang kami musnahkan.” Ungkap Kepala Balai, Yusup Patiroy saat ditemui kalesang.id diruangan kerjanya,  Senin (31/1/2022).

Lanjutnya, sepanjang tahun 2021 balai melakukan pemusnahan unggas dewasa sebanyak 300 ekor. Paling banyak dari Manado, Sulawesi Utara.

“Kita cegah itu penyakit hewannya, jadi kalau ada yang membawa masuk unggas tanpa dokumen maka kita akan sita dan musnahkan.” Kata Yusup.

Tambah Kabalai, selain Unggas, Balai Karantina Kelas II Ternate juga mengawasi tumbuhan atau tanaman yang dilindungi, dan selama tahun 2021  tidak ada pemusnahan tumbuhan.

Kita pernah menggagalkan tumbuhan dilindungi dibawa kuar Maluku Utara, yaitu jenis Kantong Semar, oleh warga negara asing.(tr-02)

 

Reporter: Sitti Muthmainnah
Editor: Ibrahim
728×90 Ads