Membaca Realitas
728×90 Ads

Jadwal Ujian SMP Telah Ditetapkan, untuk SD tunggu Hasil Rapat

TERNATE (kalesang) – Ujian Sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kota Ternate rencananya dilaksanakan pada Senin, (11/4/2022) mendatang.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate, Drs. H. Ruslan Mustafa, M.Si pihaknya tengah menyiapkan ujian sekolah.

“Peraturan Menteri (Permen) No.1 Kemendikbud tahun 2021 bahwa ujian dikembalikan ke sekolah.” Ujar Ruslan saat diwawancarai kalesang.id, Senin (7/3/2022).

Lanjutnya, oleh karena itu dari bidang tehnis yakni bidang SD dan SMP Disdik Kota Ternate menyiapkan siswa serta mengadakan rapat dengan seluruh kepala sekolah untuk penyusunan soal dan mengatur tenaga pengawas.

“Semua diserahkan ke sekolah, dinas hanya memantau untuk pelaksanaan ujian karena sampai tingkat kelulusan pun dikembalikan ke sekolah.” Katanya.

Kata Ruslan, untuk sistem ujian nantinya memilih yakni tertulis atau daring, karena di dalam Permen ada portofolio serta ada penilaian lain seperti nilai raport.

“Nanti soal diberikan kepada sekolah apakah sekolah akan melakukan daring ataukah offline, nanti tehnisnya dari sekolah.” Tambahnya.

Namun tambahnya, ada beberapa kepala sekolah yang peralatannya internet sudah cukup, tapi masih dilihat persiapannya.

Ruslan mengaku sudah melakukan rapat dengan seluruh kepala sekolah SMP di Kota Ternate dan menyarankan agar tingkat SD dilakukan ujian yang sama jadwalnya dengan SMP.

“Dari bidang SD akan rapat pemantapan dengan kepala-kepala sekolah.” Tandas Ruslan.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim l Editor: Wawan Kurniawan
728×90 Ads