Membaca Realitas
728×90 Ads

Musrenbang Tingkat Kota Ternate Dihelat

TERNATE (Kalesang) – Walikota Ternate, DR Tauhid Soleman resmi membuka Forum Perangkat Daerah Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kota Ternate, Maluku Utara.

Dalam sambutannya, Tauhid Soleman mengatakan sesuai ketentuan pada pasal 27 ayat (2) undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan
Nasional, telah mengamanatkan suatu proses pelaksanaan Musrenbang kepada Pemerintah Daerah.

“Proses penyelenggaraan Musrenbang tersebut haruslah bersifat partisipatif, akuntabel, transparan dengan menekankan pentingnya
mendorong keterlibatan stakeholders.” Ujar Tauhid, Rabu (23/3/2022).

Mantan Sekda Kota Ternate itu juga mengemukakan bahwa Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD merupakan wadah yang disediakan Pemerintah bagi masyarakat, untuk
dapat berpartisipasi secara lebih aktif dalam proses perencanaan pembangunan.

“Forum dan Musrenbang adalah agenda tetap yang kita laksanakan setiap tahun, dan memiliki makna strategis yang menentukan arah pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Ternate.” Ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Ternate itu juga menambahkan Pelaksanaan kegiatan ini
dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan, dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD Kota Ternate Tahun 2023, dan melalui forum ini diharapkan dapat menyepakati Isu Strategis Pembangunan dan Prioritas Pembangunan.

Politisi Partai NasDem itu mengharapkan kepada semua perangkat daerah, para camat, delegasi dan para pemangku kepentingan lainnya, agar saling berkoordinasi dan berkomitmen.

“Untuk melihat urgensi kebutuhan dalam merumuskan usulan program kegiatan setiap tahun melalui pelaksanaan Forum dan Musrenbang ini. Pungkas Tauhid sembari katakan dengan memperhitungkan ketercapaian target indikator dan capaian pada program RPJMD yang telah terintegrasi.

Sekedar diketahui, Musrenbang yang dihelat di Royal Resto itu dihadiri unsur Forkopimda, akademisi, BAPPEDA Malut, ketua DPRD Kota Ternate, para camat dan delegasi kecamatan, serta para pemangku kepentingan dan stakeholder lainnya. (tr-01)

 

Reporter : Rahmat Akrim | Editor : Wawan Kurniawan

728×90 Ads