Membaca Realitas
728×90 Ads

Lakukan Operasi Pasar, Bea Cukai Ternate Sita Ribuan Rokok Ilegal

TERNATE (Kalesang)– Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kota Ternate, Maluku Utara kembali menggagalkan peredaran Barang Kena Cukai (BKC) hasil tembakau atau rokok ilegal.

Rokok ilegal ini disita karena berbagai sebab yakni menggunakan pita cukai palsu, menggunakan pita cukai yang berbeda, menggunakan pita cukai bekas, rokok tanpa pita cukai.

“Selama tahun 2022 hingga hari ini sudah 31,180 ribu batang rokok ilegal yang disita.”Ungkap Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC Ternate, Hardianto Belman Situmorang kepada Kalesang.id, Selasa (5/4/2022)

Lanjutnya, sejumlah rokok yang disita itu bermerk Rolling, Double Happiness, Furongwang, dan Chungwa.

“Ribuan batang rokok itu adalah hasil dari operasi pasar di Kabupaten Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, dan sisanya pengiriman dari Jakarta.”Jelasnya.

Hardianto mengungkapkan, pihaknya selalu melakukan patroli darat dan laut untuk menyisir daerah potensial pelanggaran.

“Turun langsung ketempat potensi adanya pelanggaran seperti perusahaan jasa titipan, pelabuhan, bandara, dan cargo pengiriman.”Ungkapnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar dapat berperan serta, seperti memberikan laporan kepada pihaknya jika ditemukan pelanggaran untuk ditindaklanjuti.

“Kami sudah lakukan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung, dan juga dengan cara menyebarkan pamflet.”

Masyarakat dapat melapor ke Kantor Bea Cukai terdekat atau menghubungi Hotline Gempar Rokok Ilegal di nomor 1500-225. (Tr-02)

 

Reporter: Sitti Muthmainnah

Editor  : Wawan Kurniawan

728×90 Ads