Membaca Realitas
728×90 Ads

Raih Predikat B dalam SAKIP, Tikep Terima RB Award

 JAKARTA(Kalesang)-Kota Tidore Kepulauan meraih nilai B dalam evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2021 dan berhak menerima Reformasi Birokrasi (RB) Award.

Ini mencatatkan sejarah bahwa, Kota Tidore merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Maluku Utara yang mengalami peningkatan serta mendapat undangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk menerima RB Award.

Hasil evaluasi SAKIP dan RB Award diterima Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Ali dalam kesempatan itu mengatakan, dirinya berterima kasih serta mengapresiasi keberhasilan tim work dari semua OPD se-Kota Tidore atas usaha dang kerja keras sehingga Kota Tidore memperoleh predikat B yang sebelumnya hanya mendapat nilai CC.

Ali bilang kenaikkan nilai ini menunjukkan peningkatan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dan capaian kinerja di setiap perangkat daerah Kota Tidore Kepulauan.

“Tapi kita jangan terlena pada titik ini, saya yakin dengan kerjasama dari seluruh perangkat daerah kita dapat meraih nilai BB atau A.”Harap Ali.

Senada dengan Walikota, Munawar Sudin Kabag Organisasi yang mendampingi Ali Ibrahim turut juga mengatakan, peningkatan nilai itu menunjukkan bahwa terjadi peningkatan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dan capaian kinerja di setiap Perangkat Daerah di Kota Tidore Kepulauan.

“SAKIP merupakan salah satu alat ukur capaian kinerja pemerintah dan sebagai media pertanggungjawaban kepala daerah kepada publik.” Kata Kabag Organisasi Tikep itu.

Selain itu, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto juga menjelaskan bahwa penyerahan SAKIP & RB AWARD 2021 merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah.

“Salah satu tujuan penyelenggaraannya adalah untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa reformasi birokrasi telah memiliki hasil yang nyata, birokrasi terus berbenah menuju terciptanya good governance.” Beber Agus. (tr-04)

 

Reporter: M Rahmat Syafruddin

Editor  : Wawan Kurniawan

728×90 Ads