Membaca Realitas
728×90 Ads

Senin Demostrasi Tolak Kenaikan BBM. Mahfud MD Imbau Demonstran Tertib

JAKARTA (Kalesang) – Pemerintah Indonesia menyikapi dinamika yang berkembang di masyarakat yakni mengimbau kepada para demonstran yang akan menyampaikan aspirasinya Senin (11/4/2022) agar tertib dan tidak melanggar hukum.

Ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan pemerintah menilai unjuk rasa sebagai bagian dari demokrasi, meski demikian Indonesia juga adalah negara nomokrasi atau negara hukum.

“Untuk itu, pemerintah menghimbau agar di dalam menyampaikan aspirasi supaya dilakukan dengan tertib, tidak anarkis, dan tidak melanggar hukum.” Ujar Mahfud dalam konferensi pers, Sabtu (09/04/2022).

“Yang penting, aspirasinya bisa didengar oleh pemerintah dan masyarakat.”Katanya.

Mantan Ketua Mahkamah Kontitusi (MK) itu menyampaikan dalam menghadapi rencana unjuk rasa itu, pemerintah sudah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan dan penengak hukum.

“Agar melakukan pelayanan dan pengamanan sebaik-baiknya, dan tidak boleh ada kekerasan, tidak membawa peluru tajam, juga jangan sampai terpancing oleh provokasi.” Ungkap Mahfud.

Menurutnya, Menko Mahfud MD, pemerintah tidak akan menghambat wacana politik yang muncul di tengah masyarakat sebagai ekspresi dari kebebasan berpendapat sesuai dengan saluran aspirasi politik.

Seperti diketahui, demonstrasi serentak terjadi di seluruh wilayah Indonesia Senin (11/4/2022) besok, hal diketahui setelah adanya kebijakan-kebijakan pemerintah yang dinilai tidak pro terhadap rakyat. Di Kota Ternate sendiri aksi direncanakan berlangsung di depan Kantor Walikota Ternate.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim

Editor  : Wawan Kurniawan

 

728×90 Ads