Kalesang – Mengantisipasi lonjakan penumpang pada musim mudik Lebaran 2025, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero Cabang Ternate menyiapkan tujuh kapal untuk melayani rute pelayaran.
Kepala Operasional PT Pelni Cabang Ternate, Rudi Arif, mengungkapkan bahwa saat ini telah disiapkan lima kapal penumpang reguler, yaitu KM Sinabung, KM Dorolonda, KM Ngapulu, KM Tatamailau, dan KM Sangiang. Selain itu, ada dua kapal perintis, yakni Sabuk Nusantara 86 dan Sabuk Nusantara 105, yang akan diperbantukan untuk melayani daerah-daerah terpencil di Maluku Utara hingga Bitung, Sulawesi Utara.
“Di samping kapal reguler tersebut, dua kapal perintis juga disiapkan khusus untuk angkutan Lebaran. Ini untuk melayani daerah-daerah terpencil agar masyarakat tetap bisa terhubung dengan baik selama periode mudik,” ujar Rudi, Senin (3/3/2025).
Perawatan Kapal dan Antisipasi Lonjakan Penumpang
Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang, Rudi menyebutkan bahwa saat ini ada dua kapal yang sedang menjalani proses docking atau perawatan di galangan kapal.
“Tujuan docking ini adalah untuk memastikan kondisi kapal tetap prima saat angkutan mudik berlangsung. Semua fasilitas kapal juga diperbaiki agar penumpang merasa nyaman selama perjalanan,” jelasnya.
Terkait dengan potensi lonjakan penumpang, Rudi menyebutkan bahwa peningkatan jumlah penumpang biasanya mulai terlihat sejak 16 hari sebelum Lebaran hingga 16 hari setelahnya.
“Biasanya lonjakan mulai terlihat sejak 14 Maret hingga 14 April. Dari situ kita bisa melihat seberapa besar peningkatan jumlah penumpang dibandingkan tahun sebelumnya,” tambahnya.
Selain itu, pihak manajemen PT Pelni menegaskan larangan keras terhadap praktik penjualan kasur oleh oknum kepada pemilik tiket resmi. Jika ditemukan pelanggaran, pihaknya akan segera melakukan tindakan tegas.
“Jika ada oknum yang menjual kasur, kami akan langsung tindak karena ini sudah dikoordinasikan dengan pihak kapal dan keamanan. Kami ingin memastikan pelayanan yang bersih dan nyaman bagi seluruh penumpang,” tegas Rudi.
Ia juga berharap PT Pelni terus memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa.
“Kami selalu berusaha memaksimalkan fasilitas kapal dan mengikuti arahan dari manajemen pusat agar tidak mengecewakan penumpang. Kami ingin mereka merasa nyaman saat berlayar bersama kapal Pelni,” pungkasnya.