Membaca Realitas
728×90 Ads

Berikut Daftar 9 Nahkoda dan ABK KM. Imanuel 14 Yang di Evakuasi Tim SAR Ternate

TERNATE, (kalesang) – Kapal KM. Imanuel 14 dengan rute pelabuhan Lata-Lata Kabupaten Halmahera Selatan dengan tujuan Batang Dua Kota Ternate. Pada Minggu 16 Januari 2022 yang mengalami mati mesin di perairan Pulau Batang Dua. Berhasil di evakuasi oleh Tim SAR gabungan Senin (17/01/2022).

Berdasarkan pada realeas Badan SAR Ternate, KM Imanuel sebelumnya mengalami mati mesin setalah beberapa jam berlayar. Tim Pencarian dan Pertolongan Ternate menerima laporan dari Danposal Bacan. Dan dilakukan operasi pencarian.

Sekitar Pukul 16.20 WIT, Kapal KM. Imanuel berhasil ditemukan di wilayah perairan Halmahera Selatan. Untuk dilakukan evakuasi terhadap kapal dan kru kapal.

“Selanjutnya Tim SAR Gabungan melakukan pengamanan terhadap ABK yang sedang berusaha memperbaiki mesin kapal.” Ungkap Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah.

Tim SAR sendiri, sempat melakukan penghentian evakuasi akibat cuaca yang ekstrem. Sehingga Tim yang menggunakan KN SAR 237 Pandudewanata berlabuh di Pelabuhan Bacan Kabupaten Halmahera Selatan.

“Berdasarkan hasil evaluasi dan pertimbangan teknis di lapangan cuaca ekstrem, Operasi SAR hari ke 1 dihentikan sementara. Untuk KM. Imanuel 14 kembali lego jangkar di posisi penemuan.” Jelasnya.

Menurutnya, Kapten dan ABK kapal semuanya berhasil diselamatkan hingga operasi hari kedua. Berdasarkan infromasi dari Agen Kapal. Pihaknya telah mengirim bantuan alat mesin melalui KM. Arafah dari Bitung yang diperkirakan tiba Selasa 18 Januari 2021.

“Pukul 15.20 WIT, Basarnas Ternate berkomunikasi dengan Tim Sar dilapangan terkait perkembangan KM. Immanuel 14 dan Seluruh ABK dalam keadaan aman. Basarnas tetap melakukan pemantauan terhadap Kapal dan ABK.” Tutup Muhammad Arafah.

Selanjutnya Operasi SAR pun selesai dan ditutup, semua unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing. (Tim)

Berikut Daftar Penumpang ABK KM. Imanuel 14

  1. Nur K. Labao (Nahkoda)
  2. Tomjon Hutagaul (/KKM)
  3. Fredy J. Sabu (ABK)
  4. Frengky Gogatja (ABK)
  5. Agus Suaib (ABK)
  6. Delson Barahama (ABK)
  7. Yulianto Bahtiar (ABK)
  8. Sapri Aer (ABK)
  9. Jonly A. Pailaha(ABK)

Penulis: Tim

Editor: Wendi Wambes

728×90 Ads