Membaca Realitas
728×90 Ads

Miliki Ruang Kemoterapi, Ini Peyakit Kanker yang Paling Banyak Ditangani RSUD Chasan Boesoiri

TERNATE (Kalesang) – Para Penderita kanker di Provinsi Maluku Utara, tak perlu khawatir untuk melakukan pengobatan di di Maluku Utara, sebab Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoirie telah memliki fasilitas Kemoterapi.

Direktur RSUD Chasan Boesoirie dr.Syamsul Bahri M.S Idris, saat disambangi kalesang.id dikantornya mengatakan fasilitas kemoterapi di RSUD Chasan Boesoirie sudah ada sejak tiga tahun lalu.

“Fasilitas atau alat kemoterapi di RSUD Chasan Boesoirie telah ada pada sekitar 3 tahun lalu.” Ungkap Direktur saat ditemui Kalesang.id diruangan kerjanya, Selasa (8/2/22)

Direktur melanjutkan, Untuk pasien kangker yang paling banyak atau tertinggi di derita masyarkat adalah kangker Payu Darah dan juga kangker mulut rahim.

“Kenapa Kangker payudara dan kangker mulut rahim paling banyak diderita karena kedua penyakit tersebut memiliki tempat yang sensitif. Dan ketika ditangani sudah berada pada stadium lanjut.” Kata Direktur

Ia menjelaskan problem terkait pengobatan penyakit kanker ini karena keterlambatan pasien untuk melakukan pemeriksaan.

“Untuk saat ini, kita upayakan pengobatan pada pasien yang sudah stadium lanjut dengan pelayanan kemoterapi.” Ujarnya

Meski begitu, kanker tidak termasuk dalam 10 penyakit besar yang ditangani pihak RSUD Chasan Boesoirie

“Hampir jarang pasien kanker yang dirujuk keluar, tetapi ada yang dikirim karena pasiennya berasal dari Jawa, jadi mereka mau melanjutkan pengobatannya disana.”ungkapnya

Sementara itu, ada juga terdapat sejumlah pasien yang meninggal karena kangker, sebab pada saat pengobatannya sudah stadium akhir.

“Ada juga yang meninggal karena sudah stadium akhir dan ada juga yang gejalah penyakitnya berkurang.” Tandas Direktur. (Tr-02)

Reporter : Sitti Muthmainnah | Editor : Ibrahim

728×90 Ads