Membaca Realitas
728×90 Ads

Banyak yang Nunggak Iuran, BPJS Hadirkan Program Rehab

TERNATE (kalesang) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan program Rencana Pembayaran Iuran Bertahap (REHAB) bagi peserta nunggak iuran.

Staff Komunikasi Publik dan Hukum BPJS Kesehatan Kc Ternate Heri Purnomo mengatakan, program Rehab ini memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan (4-24 Bulan).

“Program Rehab dikhususkan untuk segmen PBPU dan BP.” Ungkapnya, Senin (28/2/2022).

Lanjutnya segmen PBPU meliputi pengacara, mahasiswa, dan pengawas atau pengelola proyek. Sedangkan segemen BP terdiri dari pensiunan PNS, pensiunan anggota TNI/Polri serta veteran.

“Melalui program Rehab ini peserta dimungkinkan dapat membayar iuran secara bertahap atau mencicil.” Jelasnya.

Ia menambahkan, adapun syarat dan ketentuan bagi peserta untuk dapat mengikuti program Rehab ini yaitu, Peserta merupakan segmen PBPU dan BP, Mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN dan atau BPJS Kesehatan Care Center 165, serta Periode pembayaran bertahap sebanyak 12 kali pembayaran.

Terkait cara pendaftaran melalui Aplikasi Mobile JKN, Heri Menjelaskan peserta cukup masuk ke akun Mobile JKN peserta dan memilih menu rencana pembayaran bertahap. Setelah itu, akan muncul informasi mengenai program Rehab. Kemudian, akan ditampilkan simulasi tagihan yang dapat dipilih oleh peserta JKN-KIS.

“Setelah pembayaran tunggakannya selesai, peserta akan tetap membayar secara bertahap atau mencicil iuran untuk bulan berjalan.” Tuturnya

Lanjutnya kami dari pihak BPJS Kesehatan KC Ternate telah melakukan sosialisasi program Rehab kepada masyarakat secara intens melaui tatap muka maupun media sosial.

“Kami lakukan secara tatap muka dan menggunakan media sosial resmi BPJS kesehatan, Facebook, instagram, youtube, hingga tik tok.” Tutupnya.(tr-02)

 

Reporter: Sitti Muthmainnah l Editor: Wawan Kurniawan
728×90 Ads