Membaca Realitas
728×90 Ads

Antisipasi Peredaran Makanan dan Minuman Tak Layak Jual, BPOM Sofifi Lakukan Sidak

TERNATE(Kalesang)– Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sofifi, Maluku Utara (Malut) gencar menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke pedagang takjil dan distributor makanan siap saji selama Ramadan.

“Ramadan tahun ini kami akan meningkatkan frekuensi sidak.”Ungkap Kepala BPOM Sofifi, Tri Wandiro,S.Farm,Apt saat dihubungi via whatsapp oleh Kalesang.id, Senin (4/4/2022)

Lanjutnya, sidak dilakukan dengan turun ke distributor makanan dalam kemasan maupun pedagang takjil untuk memeriksa izin edar, penggunaan bahan berbahaya, dan produk rusak.

“Untuk takjil kami tingkatkan pada pengawasan penggunaan zat kimia seperti Boraks, Rhodamin, dan bahan berbahaya lainnya, sedangkan ke Toko makanan dalam kemasan kami fokuskan pada izin edar dan produk rusak.”jelasnya.

Tri mengungkapkan, pihaknya telah melaksanakan Sidak di Wilayah sofifi sejak awal Ramadan kemarin.

“Baru wilayah Sofifi, alhmdulillah untuk takjil tidak ditemukam pemakaian bahan berbahaya, namun saat ke 5 toko, salah satunya kedapatan ada produk Cream Kental sebanyak 20 Kaleng yang rusak. Sudah kami amankan dan kembalikan ke agen penjualannya.”Ujarnya

Ia menambahkan pelaksanaan sidak akan terus diupayakan ke seluruh wilayah Maluku Utara.

“Untuk tanggalnya tidak bisa kami sampaikan nanti kami langsung turun ke lapangan.”Tutupnya.(Tr-02)

 

Reporter: Sitti Muthmainnah

Editor  : Wawan Kurniawan

728×90 Ads