Membaca Realitas
728×90 Ads

Berikut Pandangan Umum Fraksi NasDem Terhadap LKPJ Walikota Ternate Tahun 2021

TERNATE (kalesang) – Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate menyoroti Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Ternate tahun 2021.

Sorotan itu mengacu pada isu sosial, ekonomi serta pemerataan pembangunan di Kota Ternate, Maluku Utara.

Ketua Fraksi NasDem, Rusdi A. IM mengatakan, prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Ternate tahun 2021-2026 khusus pada arah pembangunan tahun anggaran 2021 diarahkan pada 3 sektor penting.

“Yakni implementasi 100 hari kerja, pembinaan ASN yang profesional serta pelayanan publik yang berkualitas.” Ujar Rusdi saat menyampaikan pendangan fraksi dan rekomendasi dalam Rapat Peripurna penyampaian LKPJ Walikota Ternate Tahun 2021 di DPRD Kota Ternate, Kamis (14/4/2022).

BACA JUGA: Terkait LKPJ Walikota, Mayoritas Fraksi Soroti Turunnya PAD

Rusdi menjelaskan, selanjutnya 100 hari kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate diarahkan pada penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi, penanganan sampah, air bersih serta kota inklusif disabilitas.

Anggota komisi II DPRD Kota Ternate itu mengemukakan terhadap 5 program dan kegiatan tersebut telah dijabarkan dalam LKPJ tahun 2021, baik langkah-langkah strategis maupun kendala yang  didapatkan.

“Fraksi NasDem khusus mengusulkan kepada Bappelitbangda agar dapat melakukan pendataan terhadap kondisi sosial, ekonomi dan infrastruktur disetiap wilayah yang ada di Kota Ternate.” Sebut Rusdi.

Lanjutnya, selain itu melakukan konsultasi publik terhadap dokumen perencanaan pembangunan daerah yang mendapatkan masukan-masukan dari masyarakat.

Politisi NasDem itu memaparkan bahwa ke depan sesuai dengan analisis strategis pembangunan Kota Ternate, rencana pembangunan memiliki fokus pada peningkatan dan pemerataan kesejahteraan wilayah secara berkesinambungan dan konsisten.

“Hal ini dikarenakan masih belum banyak peningkatan dan pemerataan pembangunan  wilayah terutama di pulau terluar Kota Ternate, Hiri, Moti dan Batang Dua.” Tandas Rusdi.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim l Editor: Zulfikar
728×90 Ads