Membaca Realitas

Rima Jaozah Harap Markeast Jadi Penopang UMKM di Kota Ternate

TERNATE (Kalesang) – Tidak semua orang punya keberanian untuk membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menjual produknya.

Apalagi, mau membuka satu tempat tersendiri agar pelaku UMKM tidak lagi susah dalam mencari pasaran.

Di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), ada salah satu perempuan muda yang tinggal di Kelurahan Makasar Timur, Kecamatan Ternate Tengah, yakni Rima Jaozah yang memiliki keberanian untuk membantu para pelaku UMKM.

Saat ini, perempuan yang berusia 25 tahun itu membangun Markeast untuk membantu para pelaku UMKM agar dapat meningkatkan produk yang ada di Kota Ternate.

Rima menceritakan, Markeast adalah Benchmarking event atau suatu proses perbandingan dalam bisnis yang mencakup kinerja layanan dari perusahaan dengan competitor pada industri yang sama untuk mengangkat UMKM lokal terutama UMKM muda rintisan yang memiliki narasi usaha yang baik.

Baca Juga: Lia Djalaludin, Perempuan 23 Tahun Bangun Usaha di Kota Ternate

Lanjut Rima, Markeast ini merupakan ide dari dirinya dan beberapa kerabat dekat,  yang dibentuk sejak 31 Oktober 2022. Kemudian disalurkan pada teman-teman Komunitas Music Corner.

“Alhamdulillah disambut positif oleh teman-teman Music Corner pada tanggal 22-24 Desember dibuatlah event yang bertajuk TimsArt 4.0 Road To Markeast Fest 2023.” Katanya, Senin (02/01/2023).

 

 

Markeast ini, Rima menambahkan, adalah event pertama planning marketing dengan memaparkan hasil-hasil event Markeast untuk dijadikan daya tarik UMKM menuju Markeast 2023.

Dengan adanya Markeast ini, terbuka peluang kolaborasi dengan berbagai stakeholder, terutama guna membentuk Top Brand Ternate yang dikhususkan pada produk FnB, fashion, kedai kopi.” Ujarnya.

Baca Juga: Bermula Menjual Reseller Brand Skincare, Kini Chenk Ayu Punya Brand Sendiri di Kota Ternate

Lebih lanjut ia mengatakan, Markeast dirancang dalam bentuk event festival dan menitikberatkan pada kolaborasi dan memperluas pasar.

“Selain itu, untuk memanfaatkan event sebagai sarana promosi dan mengoptimalkan konten dalam strategi pemasaran dalam peningkatan penjualan melalui kanal offline dan online.” Terangnya.

Jadi, kata Rima, Markeast ini hadir untuk membantu mempromosikan kemudian menciptakan pasar produk dari pelaku UMKM. Ini agar masyarakat Kota Ternate maupun yang dari luar bisa mengetahui produk yang dibuat oleh para UMKM.

“Ini juga untuk mengkolaborasi kreatifitas guna meningkatkan produksi lokal. Dan semoga pemerintah juga turut untuk mendukung apa yang dibuat oleh para pelaku UMKM .” Harapnya.(tr-04)

 

Reporter: Siti Halima Duwila

Redaktur: Junaidi Drakel