Membaca Realitas
728×90 Ads

BI Malut Siapkan Rp995 Miliar untuk Ramadan dan Idul Fitri 2024

TERNATE (kalesang)– Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara menyiapkan Rp995 Miliar untuk Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Kepala Perwakilan BI Maluku Utara, Dwi Putra Indrawan mengungkapkan, jumlah ini tercatat meningkat sebanyak 3 persen jika dibandingkan dengan kebutuhan 2023.

Lanjutnya, kesiapan uang itu, terdiri dari 70 persen Uang Pecahan Besar (UPB) dan 30 persen Uang Pecahan Kecil (UPK) yang digunakan untuk layanan penukaran.

“2023 lalu, kebutuhan uang saat Ramadan dan Idul Fitri sebanyak Rp966 Miliar. Tahun ini meningkat,” katanya, Selasa (19/3/2024).

Ia mengatakan, peningkatan tersebut ditetapkan setelah mempertimbangkan sejumlah faktor. Diantaranya, pertumbuhan ekonomi, estimasi kebutuhan perbankan, dan pergerakan masyarakat.

“Hal itu sejalan juga dengan peningkatan mobilitas masyarakat pada momen mudik lebaran, baik antar kecamatan, kabupaten/kota maupun provinsi,” tuturnya.

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan Idul Fitri 2024, ia mengaku, pihaknya telah menyiapkan uang kartal sebanyak Rp1,2 Triliun.

“Masyarakat diharapkan mampu menggunakan rupiah secara bijak di bulan penuh berkah ini, belanja sesuai kebutuhan dan beli produk dalam negeri,” pungkasnya.

 

Reporter: Sitti Muthmainnah

Editor    : Redaksi

728×90 Ads